9 Aplikasi Yang Membuat Anda Produktif Saat Bekerja


Perkembangan teknologi telah memberikan pengaruh positif yang akan membantu pekerjaan anda menjadi lebih baik. Kemajuan teknologi seperti aplikasi yang terus dikembangkan pada ponsel pintar atau Smartphone akan memudahkan anda sebagai pegawai atau pelaku bisnis lebih mudah dalam melakukan berbagai pekerjaan sehingga produktivitas bisa lebih meningkat.

Ada beberapa aplikasi yang dapat menunjang setiap pengguna dalam menjalankan rutinitas mereka kapanpun dan dimanapun tanpa harus menguras isi dompet anda. Anda hanya perlu menginstalnya saja pada Smartphone milik anda dan aktifitas pekerjaan atau bisnis anda pun akan menjadi lebih produktif.

Berikut ini ada 9 aplikasi yang akan meningkatkan produktivitas kerja anda.


1. Trello

Trello merupakan aplikasi gratis untuk menunjang kinerja pekerjaan anda. Trello memiliki kesamaan seperti to do list namun mempunyai fitur-fitur yang lebih lengkap dan juga nyaman saat digunakan. Aplikasi ini dapat bekerja untuk sebuah tim tanpa harus saling bertemu. Aplikasi Trello dirilis sekitar tahun 2010 oleh Fog Creek Software Company.


Trello

Inilah fitur-fitur yang terdapat di Trello:
  • Organisasi grup 
  • Kita dapat menambah grup lebih dari satu dan dapat diatur menjadi public atau private. Kita juga dapat menambahkan 'Board' lebih dari satu di dalam sebuah grup.
  • Preview Board
  • Board merupakan sebagai sebuah project yang bisa ditambahkan, diubah atau diatur panel-panelnya dalam board tersebut. Untuk menambah member atau rekan kerja lakukan dengan memilih tombol Add Members.
  • Preview Card pada Trello
  • Di dalam Card anda bisa menambahkan komentar, mention rekan kerja, mengunggah berbagai jenis file atau gambar, mengatur tanggal deadline, menambah label, checklist, member yang terlibat dan juga menyimpannya sebagai arsip.
Dengan menggunakan Aplikasi Trello, anda dapat membagi dan mengatur tugas-tugas dengan berbagai macam kategori. Anda juga dapat memperlihatkan daftar tugas-tugas tersebut ke orang lain dan membagikannya.

Setiap orang yang berada di dalam sebuah kelompok dapat berkomunikasi ke sesama pengguna lainnya dengan memberi pesan atau komentar di setiap tugas.

2. CamScanner

CamScanner merupakan aplikasi yang dapat memindai atau scan dokumen, kartu nama, halaman atau cover buku dan sejenisnya sesuai kebutuhan. Cara penggunaannya sangat mudah, anda cukup memotret berkas yang anda inginkan kemudian mengeditnya lalu save. Berkas yang anda upload akan disimpan di memori Smartphone, hasil yang didapat pun cukup jernih sesuai dengan yang diharapkan karena akan terlihat mirip dengan berkas aslinya. 

CamScanner

Beberapa fitur CamScanner:
  • Dapat merubah atau konversi file JPG ke PDF. Dokumen yang di scan seperti buku, kwitansi, dll yang menggunakan kamera atau file yang ada di gallery dapat di convert atau disimpan sebagai PFF atau JPG.
  • Crop dan optimasi gambar atau image. Setelah pengambilan gambar kita dapat memotongnya sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan mengoptimalkan gambar supaya lebih jelas dengan beberapa mode yang tersedia seperti Auto, Original, Magic Color, B&W (hitam-putih).
  • Share PDF dan JPG. File yang telah di scan dapat langsung dikirim hasilnya melalui email, BBM, WhatsApp atau upload di cloud (awan) seperti Dropbox dan sebagainya.
Beberapa dokumen atau file dapat digabungkan menjadi satu, CamScanner bahkan mengirim faksimile dengan koneksi internet.

3. Todoist

Todoist adalah aplikasi yang dapat membantu anda mengorganisir tugas atau hal lainnya yang ingin dikerjakan dalam jangka waktu tertentu. 

Todoist

Fitur yang ada di Todoist adalah sebagai berikut.
  • Ruang kerja yang kolaboratif. Kita dapat mengatur kerja sama tim, anggota tim dapat menambah, menyunting atau menetapkan tugas dan juga dapat menambahkan komentar.
  • Mempunyai opsi cetak daftar tugas. Kita dapat mencetak daftar tugas dengan mudah.
  • Mempunyai opsi berbagi tugas. Kita dapat berbagi tugas dengan orang lain dalam daftar tugas.
  • Mengirim pengingat. Dapat mengirim pesan pengingat jika tugas sudah tiba waktunya.
  • Mempunyai opsi ulangi tugas. Tugas dapat dijadwal ulang secara otomatis jika sudah selesai, hal ini berguna untuk melacak jadwal acara yang berulang seperti ulang tahun dan janji.
Aplikasi ini dapat digunakan bersama teman kalian yang berkaitan juga dengan suatu pekerjaan atau tugas.

4. Money Lover

Aplikasi ini memudahkan kita untuk mengelola keuangan atau tabungan. Berbagai fitur manajemen finansial yang ada menjadikan aplikasi ini wajib bagi anda yang ingin melacak atau melihat pengeluaran dan pemasukan tiap bulannnya.


Money Lover

Fitur-fitur Money Lover:
  • Mencatat Transaksi
  • Money Lover dapat mencatat transaksi setiap hari, setiap minggu, setiap bulan dan setiap tahun. Anda juga dapat mencatat rincian transaksi termasuk rincian kategori seperti makanan, hiburan, lokasi hingga transportasi. Dan juga dapat melampirkan foto sebagai bukti transaksi.
  • Mencatat Hutang dan Tagihan
  • Aplikasi ini mempunyai fitur reminder, jadi kamu tidak akan lupa untuk membayar hutang tepat waktu dan juga kamu akan diingatkan untuk menagih jika ada teman yang masih memiliki hutang. Adanya fitur diagram akan memudahkan kita untuk menganalisa kondisi pemasukan dan pengeluaran dalam periode tertentu, ditambah lagi dengan adanya fitur tabungan dan rencana anggaran.
Aplikasi ini sangat membantu dalam mengatur keuangan kita seperti asisten keuangan pribadi. Anda juga dapat mengatur tabungan sesuai keperluan dan mengatur jangka waktu tabungan yang diinginkan. Soal kemanan tenang saja karena data anda diproteksi oleh PIN. Aplikasi ini dapat menggunakan bahasa Indonesia dan mendukung mata uang Rupiah.

 5. Any.DO 

Aplikasi Any.DO akan membantu anda untuk mengingat semua aktifitas dan kegiatan penting. Aplikasi ini mempunyai desain yang cukup bagus, fitur-fitur terpasang dengan baik yang akan memudahkan kita mencari sesuatu yang diinginkan dengan menuju menu tersebut. 


Any.DO


Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Any.Do:
  • Seamless cloud. Sync antara Smartphone anda dengan desktop dan website
  • Pengingat. Mengatur waktu dan pengingat yang berbasis lokasi untuk aktifitas dan tugas anda
  • Integrasi Kalender. Supaya agenda anda selalu update
  • Menetapkan tugas dan daftar share
  • Add Sub tugas, catatan & lampiran file
  • Dilengkapi dengan built-in pengenalan suara
  • Drag dan drop file atau tugas.
Aplikasi pengingat ini sangat mudah untuk digunakan dengan banyak fitur yang bermanfaat. Aplikasi ini cocok bagi orang yang pelupa, dengan menggunakan aplikasi ini anda akan selalu diingatkan jika ada aktivitas atau janji harus dikerjakan. 

6. IF/IFTTT

Aplikasi ini dapat membuat anda menjadi lebih produktif dalam bekerja dan juga menghemat waktu secara signifikan. Anda dapat membuat tugas-tugas secara rutin setiap hari dan jadwal yang berpola. Misalnya saja, ketika sudah waktunya tidur maka secara otomatis Smartphone anda akan menyesuaikannya menjadi mode sunyi.


IF

Aplikasi IF memiliki 3 fitur baru yaitu Do Note, Do Button dan Do Camera.
  • Do Note adalah fitur yang fungsinya mirip dengan aplikasi pencatat seperti Notepad. Anda dapat membuat jadwal kegiatan dengan hanya menuliskan acara dan waktu atau tanggal pelaksanaannya. Daftar catatan kegiatan dapat ditransfer ke Google Drive atau Evernote dan dapat digunakan untuk tweet. 
  • Do Button adalah fitur yang kegunaannya dapat diintegrasikan dengan sejumlah perangkat rumah tertentu seperti menghidupkan dan mematikan lampu, mengatur suhu thermostat dan logging lokasi ke Google Drive. Do Button dilengkapi dengan Today Widget agar memudahkannya yang berada di Notification Center.
  • Do Camera adalah fitur yang akan memaksimalkan penggunaan kamera Smartphone anda. Hasil foto yang diupload akan dishare ke akun media sosial anda seperti Instagram atau Facebook, anda juga dapat menguploadnya ke album tertentu di Facebook.
Masih ada ratusan service lagi yang dapat digunakan pada Aplikasi ini. Aplikasi ini tersedia di App Store atau Google Play Store, setelah menginstalnya masukkan email dan password dan anda sudah bisa menjalankan aplikasi ini dengan segala layanan yang diberikan.

Aplikasi ini cocok bagi anda yang mempunyai banyak kesibukan yang akan membuat tugas-tugas menjadi lebih mudah.

7. MarketCircle


MarketCircle


MarketCircle adalah Aplikasi yang akan membantu anda untuk meningkatkan produktivitas sebagai pemilik usaha kecil atau bisnis. Aplikasi ini secara khusus dibuat untuk iPhone, Mac dan iPad. Aplikasi ini dapat membantu mengelola pelanggan, proyek, jadwal pertemuan, peluang penjualan, email dan ada banyak lagi. MarketCircle akan membantu meningkatkan efisiensi anda, membuatnya terorganisir dan meningkatkan produktivitas dalam suatu bisnis. 

Aplikasi ini melakukan lebih dari sekedar menyimpan data. Menjalin komunikasi dengan orang-orang yang berada didalam sebuah kontak seperti atasan kita atau referral. Menghubungkan catatan dan janji untuk proyek anda ke dalam sebuah kontak, sehingga anda memiliki history penuh dari interaksi tersebut yang dikumpulkan di satu tempat.

8. Realtimeboard


Realtimeboard


Realtimeboard merupakan tools papan tulis digital yang diakses secara online, digunakan untuk mencatat berbagai ide atau membangun sebuah proyek secara keseluruhan di papan jarak jauh dengan tim anda. Realtimeboard akan memudahkan anda melihat suatu rencana dengan berbagai bentuk gambar dan grafik.

Memungkinkan anda untuk membuat skema dan market, penggunaan post-it notes, menulis ide, mengumpulkan umpan balik, memberikan komentar dan melihat update real-time. Dapat menggunakan video chatting dan berbagi papan dengan teman atau klien. Pada dasarnya, tools ini seperti papan tulis kantor tradisional dan pekerjaan anda akan lebih efisien. Jika anda ingin mencobanya dapat melalui browser dengan mengunjungi situs realtimeboard.com.

9. Karir.com App


Karir.com App

Dengan bantuan Aplikasi Karir.com, dalam mencari dan melamar pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Anda akan menemukan banyak peluang karir dari berbagai industri untuk bidang pekerjaan yang anda inginkan seperti IT, perbankan, perdagangan, manufaktur dan lain-lain. 

Ditambah dengan adanya fitur baru yaitu 'Salary Benchmark' yang merupakan fitur pembanding gaji supaya calon pelamar dapat mengetahui gaji di pasaran untuk industri dan level posisi yang sama dan juga lamanya berkarir di industri tersebut..

Sudah saatnya anda beralih menggunakan Aplikasi Karir.com untuk mencari lowongan pekerjaan. Aplikasi dapat di download di Smartphone melalui App Store atau Google Play store. 


This Is The Newest Post
Facebook CommentsShowHide

0 komentar