Apa Itu Bitcoin Dan Cara Mendapatkannya

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang digital/virtual dalam proses transaksinya dilakukan tanpa perantara itu artinya tidak ada biaya transaksi apapun, tidak ada bank dan tidak perlu memberikan identitas asli anda. Bitcoin menggunakan kriptografi untuk keamanan dasar. Bitcoin juga menggunakan database yang akan di distribusikan lalu menyebar ke node-node dari jaringan peer-to-peer ke jurnal transaksi. Bitcoin merupakan implementasi pertama dari cryptocurrency. Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang menggunakan teknik enkripsi untuk mengatur setiap unit mata uang baru dan memverifikasi setiap pengiriman dana yang terjadi


Bitcoin mata uang digital


Siapa yang menciptakan Bitcoin?


Bitcoin pertama kali diterbitkan pada tahun 2009 secara open source oleh seorang individu yang tidak diketahui identitasnya lalu menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto yang mengungkapkan sedikit informasi mengenai dirinya lalu meninggalkan proyeknya pada akhir 2010. Bitcoin telah berkembang secara eksponensial.


Mengapa Bitcoin?

Bitcoin dapat digunakan untuk membeli atau menjual barang dagangan secara bebas. Selain itu, pembayaran internasional yang dilakukan dengan mudah dan murah karena Bitcoin tidak terikat dengan siapapun  dan negara manapun atau tunduk pada suatu peraturan. Beberapa orang membeli Bitcoin untuk diinvestasikan, berharap bahwa harga jual Bitcoin akan naik nantinya

Mendapatkan Bitcoin

  • Beli di Exchange 
  • Beberapa pasar yang disebut "pertukaran bitcoin" memungkinkan orang untuk membeli atau menjual Bitcoin menggunakan mata uang yang berbeda.
  • Transfer
  • Anda bisa mengirim Bitcoin satu sama lain dengan menggunakan aplikasi seluler atau komputer. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan mengirimkan uang tunai digital.
  • Mining
  • Menambang Bitcoin dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa hardware seperti CPU,GPU, FPGA maupun ASIC untuk memecahkan teka-teki matematik (puzzle) yang kompleks berdasarkan tingkat kesulitan tertentu. Proses pertambangan Bitcoin ada kemiripan dengan pertambangan logam mulia seperti emas, perbedaannya untuk menambang Bitcoin dilakukan secara digital untuk memecahkan puzzle.
  • Bitcoin Faucet
  • Bitcoin faucet salah satu cara untuk mendapatkan Bitcoin dan terbukti membayar. Anda hanya perlu memasukkan alamat Wallet anda dan ketikkan captcha, Bitcoin langsung terkirim ke faucet anda dan jika jumlahnya sudah mencapai batas minimum maka secara otomatis akan dikirim ke Wallet anda.
  • Bitcoin Games
  • Mendapatkan Bitcoin dengan cara bermain games merupakan cara yang paling asik, anda hanya perlu bermain games selama kurang lebih 5 menit dan Bitcoin akan masuk ke Wallet anda.

    Baca Juga: 4 Aplikasi Android dan iPhone Penghasil Bitcoin Gratis
    Baca Juga: Bermain Game Pokemon Dapat Bitcoin Gratis
Bitcoin mata uang digital


Menyimpan Bitcoin

Bitcoin disimpan dalam Wallet atau dompet digital yang ada baik di Cloud atau di komputer pengguna. Wallet adalah semacam rekening bank virtual yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengirim atau menerima Bitcoin dan membayar barang. Untuk membuat Wallet anda bisa daftar di bitcoin.co.id atau di blockchain.info

Anonimity

Meskipun setiap transaksi Bitcoin dicatat dalam log umum, namun nama-nama pembeli dan penjual tidak pernah terungkap, hanya ID Wallet mereka yang terlihat.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar