Tips Mengatur Keuangan Saat Jadi Pengangguran

Saat jadi pengangguran atau tidak mempunyai pekerjaan mungkin akan terasa sulit bagi kita, dikarenakan belum mempunyai penghasilan yang tetap dan akan menjadi hambatan yang dihadapi oleh sebagian orang yang menganggur. Dalam kondisi yang seperti ini, kondisi keuangan akan terasa sulit untuk dikendalikan.

Kalaupun mereka bekerja sebagai freelance atau pekerja lepas, hal itu belum menjadi solusi karena penghasilan yang didapat juga tidak menentu.

Namun anda tidak usah terlalu cemas. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam membatasi keuangan kita, mari kita simak tips berikut:


Tips Mengatur Keuangan Saat Jadi Pengangguran


1. Hindari Kebiasaan Menghabiskan Uang

Jika ada keinginan untuk membeli handphone, laptop, sepatu atau barang baru yang anda idam-idamkan maka lupakanlah! Hidup sebagai pengangguran atau tanpa pekerjaan bukanlah saat yang tepat bagi anda untuk menguras banyak uang.

Hindari juga kebiasaan sehari-hari yang lama kelamaan bisa menguras uang dengan cepat seperti merokok, nonton bioskop, jalan-jalan atau makan di tempat mahal. 

2. Makan Di Rumah

Dibanding makan di restoran atau tempat makan lainnya yang mengharuskan kita mengeluarkan uang lebih banyak, akan lebih baik bila kita memasak sendiri makanan. Uang yang dikeluarkan pun tidak akan sebesar makan diluar, lebih baik uangnya disimpan untuk keperluan yang lebih bermanfaat. 

Kita bisa belanja bahan makanan di pasar tradisional seperti beras, sayuran, ikan, buah, maupun bumbu dapur untuk kebutuhan makan sehari-hari.

3. Hemat Dalam Belanja Kebutuhan

Saat belanja kebutuhan di supermarket, kita bisa menghemat pengeluaran dengan membeli barang-barang yang sedang diskon dalam jumlah banyak. Kita juga bisa memanfaatkan kupon untuk mendapat potongan harga.

4. Menjadi Pekerja Lepas

Banyak pekerjaan yang dapat kita lakukan tanpa harus terikat kontrak dan waktu. Cobalah untuk memanfaatkan keahlian yang kalian miliki untuk menawarkan jasa di bidang tertentu. 

Kalian juga bisa mendapatkan uang melalui Internet karena banyak sekali peluang disana dan sudah banyak kisah orang-orang yang sukses dari Internet. Jika tidak memiliki akses Internet, kita bisa memanfaatkan Internet gratis yang biasa tersedia di tempat-tempat seperti taman, mal, sekolah, kampus atau kunjungi  teman kalian yang memiliki akses Internet ditempatnya hal ini juga untuk menghemat pengularan. 

5. Buat Rencana Pengeluaran

Pengeluaran keuangan akan lebih mudah dikontrol apabila kalian memiliki rencana pengeluaran yang baik. Dalam rencana tersebut, hindari dalam pemakaian uang untuk beberapa kebutuhan yang tidak perlu. 

Buatlah rencana pengeluaran serealistis mungkin.

6. Hindari Hutang Atau Kredit

Jangan sekali-kali mencoba untuk menambah hutang karena itu akan sangat menyusahkan kalian di masa depan. Hindarilah penggunaan kartu kredit ataupun cicilan saat pembayaran.

Uang tunai yang cukup terbatas dapat membantu kalian untuk tidak berlaku boros dalam mengeluarkan dana yang lebih besar daripada kebutuhan.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar